Langsung ke konten utama

Manado Bay, Wisata Murah & Unik di Teluk Manado

pemandangan laut dan perbukitan dari manado bay


Manado Bay atau Teluk Manado merupakan tempat wisata Manado yang murah, mudah, unik dan sangat dekat dengan pusat kota Manado. Dari Kawasan Megamas ke Manado Bay berjarak 6 km saja. Dari Bandara Sam Ratulangi Manado, spot wisata murah ini dapat dicapai dalam waktu 45 menit. 


Wisata di Manado Bay sangatlah murah. Lokasi wisata ini terbentang dari sekitar Pantai Malalayang hingga Kalasey. Untuk memasuki Pantai Malalayang, anda tidak akan dikenakan biaya masuk, kecuali biaya parkir kendaraan bermotor jika membawa kendaraan pribadi.

Keunikan dan keunggulan wisata di Manado Bay

Di samping murah, biota laut yang hidup di perairan dangkal sekitaran Pantai Malalayang dan Kalasey ini sangat unik. Unik, karena critter banyak terdapat di bawah perairan ini. Meski tidak sekaya jenis critter yang ada di Selat Lembeh Bitung, perairan Manado Bay menyimpan aneka critter yang tak bakal dijumpai di perairan Indonesia manapun!


critter di perairan manado bay


"Apa itu critter? Critter dapat diartikan dengan makhluk berukuran kecil dan unik (termasuk jenis ikan) yang tidak umum dijumpai di bawah laut manapun, seperti: Squat lobster kecil, tube anemone, nudibranch atau kelinci laut, mimic octopus, coconut octopus (gurita kelapa), jawfish, candy crab, stonefish, ambon scorpion fish, ghost pipefish galore, dll" 


Cara ke Manado Bay
Menuju ke tempat wisata murah di Manado ini ada dua pilihan tempat, yaitu via Pantai Malalayang atau Pantai Kalasey. Jarak keduanya tidak begitu jauh. Dari Malalayang (via jalan Wolter Monginsidi) menuju Kalasey (melintasi jalan Tanawangko) berkisar 10 km, dengan lama tempuh 25 menit. Jadi, Pantai Malalayang lebih dekat dengan pusat kota Manado.

Dari Bandara Sam Ratulangi, membutuhkan waktu 45 menit untuk tiba di Malalayang. Menggunakan taksi ber-argo, biaya berkisar 150 ribuan.

Alternatif lebih murah, dari bandara menuju ke terminal Pall Dua Manado, menumpangi angkutan kota (angkot) jurusan Lapangan-Pall Dua. Setiba di terminal Pall Dua, lanjut menumpangi angkot jurusan Pall Dua-Malalayang. Maka, anda akan langsung turun di pinggir jalan Pantai Malalayang. Biaya keseluruhan naik angkot itu tak lebih dari 20 ribu.

Aktivitas di Manado Bay
1. Diving di perairan teluk Manado adalah harus itu! Jika memang anda ingin melihat langsung keunikan flora dan faunanya, terutama para critter. Kegiatan snorkeling tidak begitu bagus di sini karena visibilitas yang kurang maksimal ke bawah air.

2. Berenang merupakan aktivitas yang banyak dilakukan para warga Manado di Pantai Malalayang yang berpasir hitam ini, dan dilengkapi dengan bebatuan besar kecil di sekitaran pantai. Sekali lagi, biaya wisata berenang di sini, gratis!

3. Berselfie,  wajib itu! Lantaran, panorama alam di sekitaran Pantai Malalayang ini sangat indah. Di kejauhan ke arah lautan, tampak Manado Tua atau Pulau Manado Tua, berdiri gagah. Sedangkan di sini kanan, anda akan melihat deretan bangunan megah hasil reklamasi Pantai Boulevard Manado. Sebuah kombinasi alam dan modernitas yang instagramable!

sabuah bulu pantai malalayang

4. Selesai diving dan berenang, badan cenderung 'meminta' asupan makanan yang hangat. Nah, di sekitaran pantai berjejer puluhan warung makan sederhana, yang dalam istilah orang Manado disebut dengan sabuah bulu (pondok yang terbuat dari bambu). Sabuah bulu itu menjual aneka makanan Manado, seperti: Bubur Manado (Tinutuan), pisang goreng goroho yang biasa disantap dengan sambal roa, nasi kuning Manado, kopi susu khas Manado, dll.

So, jika berlibur ke Manado, sempatkan datang ke teluk Manado yang indah ini ya... Dan, belum afdol rasanya jika anda tidak icip-icip makanan khas Manado di sabuah bulu. (Calvyn Toar)




Artikel ini telah tayang di ManadoBaswara dengan Judul Manado Bay - Aneka Critter Unik di Teluk Manado. 



  

Komentar